A Note for "I'LL BE THERE"



“If you should ever find someone new
I know he'd better be good to you…”

Tidak sengaja saya membaca lirik lagu “I’ll be There” yang dinyanyikan oleh sebuah group band ternama asal amerika yaitu Jackson Five (1966-1989). Rasa penasaran saya terhadap lagu yang begitu indah ini membuat saya ingin mencari tahu makna dibalik lagu tersebut. Dari apa yang saya pahami mengenai lagu ini ada dua yaitu: Habluminallah dan Habluminannas.

Terlepas dari para penyanyi, salah satunya adalah Michael Jackson, yang notabene non muslim pada waktu itu saya memaknai lagu ini secara objektif. Mengapa saya berani mengatakan ada sisi habluminannas dan habluminallah dalam lagu ini?

HABLUMINALLAH
Kita semua tahu bahwasanya manusia pada dasarnya memiliki dua hubungan yaitu hubungan antara manusia dengan Tuhannya (habluminallah) dan manusia dengan manusia yang lain (habluminannas). Dalam lagu ini terdapat beberapa lirik yang mengatakan “Just Call my name, and I’ll be there”. Jika diartikan maka “Panggillah aku, maka aku akan berada disana”. Secara hubungan vertical terhadap Allah SWT kita di anjurkan untuk bertasbih (menyebut) seraya beristighfar (memohon ampun) kepada-Nya (An-nasr : 3).

Secara tidak langsung, lirik lagu tersebut mengingatkan kita bahwa kita adalah pemilik dan memiliki Sang Khalik. Maka ingatlah Dia ketika kita dalam kondisi apapun, apakah kita dalam keadaan senang maupun sedih, suka maupun duka, kaya maupun miskin, ketika hidup bahkan hingga ajal menjemput. Disinilah sesungguhnya arti habluminallah yang saya maksud, dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih maka dengan izin Allah maka akan dimudahkan jalan kita.

Penulis ingin berbagi cerita sedikit mengenai kekuatan tasbih. Ketika itu adalah hari dimana diadakannya ulangan harian mata pelajaran dan penulis benar-benar lupa bahwa hari itu ujian dan khilafnya lagi penulis tidak belajar sama sekali. Dengan rasa was-was yang luar biasa akan sulitnya pelajaran fisika, selama perjalanan penulis hanya bisa bertasbih dan beristighfar pada Allah semoga dimudahkan ulangan hari ini. Singkat cerita ternyata ulangan hari itu dibatalkan karena guru-guru ada rapat mendadak.

Pernah juga ketika hari itu adalah tanggal 10, dimana setiap tanggal 10 adalah hari razia rambut bagi siswa SMK N 1 Batam, penulis ketika itu lupa untuk memotong rambut sehingga penulis sangat khawatir akan di colak (potong rambut dengan gaya free-style). Sekali lagi penulis hanya bisa pasrah dan memohon kemudahan dari Allah, walhasil penulis lolos dari incaran gunting yang siap memangsa setiap rambut yang tidak sesuai standar.

HABLUMINANNAS
Nah, mengenai habluminannas, penulis memaknai berdasarkan lirik lagu yang penulis cantumkan diawal tulisan. Disitu berarti “Jika kau pernah mencari seseorang yang baru, aku tahu dia sebaiknya baik bagimu…”, yang berarti kita sebaiknya mencari teman dan berteman dengan orang-orang yang bermanfaat bagi kita. Lebih dalam penulis memaknai ini dalam konteks persahabatan.

Penulis sempat membaca sebuah tulisan dari seseorang yang mengharapkan orang disekitarnya menerima dia apa adanya bukan karna ‘ada apanya’. Disinilah makna lirik itu, kita rela teman kita untuk mencari teman yang baru namun yang kita inginkan adalah teman yang baik untuknya. Bukan teman yang justru memberatkannya yang hanya ada ketika senang dan meninggalkan ketika susah. Lanjutan dari lirik itu adalah, “… Karena apabila dia tidak bisa lebih baik, maka aku yang akan berada disana”.

Itulah yang penulis maksud dengan makna Habluminallah dan Habluminannas dalam lirik lagu tersebut. Tidak ada niat penulis untuk menodai pemikiran pembaca terhadap suatu keyakinan maupun aqidah. Penulis hanya ingin mengajak pembaca melihat segala sesuatu dari sisi objektif dan di sinkronkan terhadap nilai-nilai agama yang ada pada diri kita. Tentu saja kita harus pandai memilah mana yang sesuai dan mana yang tidak sesuai.

Memang benar, kebenaran hanya milik Allah dan manusia adalah tempat khilaf dan lupa.

“… 'Cos if he doesn't, I'll be there”

1 komentar:

{ pi_opiie } at: 21/08/11, 15.00 mengatakan...

nice thread :)
that is one of beautifull song ever i hear..

Posting Komentar